Sejarah
animasi di indonesia
Berawal
dari pengertian Animasi, yaitu berasal dari bahasa latin “anima” =
jiwa, hidup, semangat. Atau “animation” yang berasal dari kata dasar “to
anime”. Dalam kamus Indonesia inggris berarti menghidupkan sehingga animasi
merupakan suatu kegiatan menghidupkan, menggerakkan benda mati. Suatu benda
mati diberi dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau
hanya berkesan hidup. Animasi adalah suatu teknik menampilkan gambar berurut
sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan atau yang
biasa disebut “Motion” pada gambar yang ingin ditampilkan
Sejarah
dari Animasi sejak era jaman dulu, manusia telah mencoba menganimasi gerak
gambar binatang mereka, seperti yang ditemukan oleh para ahli purbakala di gua
Lascaux Spanyol Utara, sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih. Mereka mencoba
untuk menangkap gerak cepat lari binatang, seperti celeng, bison atau kuda,
digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk
(Hallas and Manvell 1973). Orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan
urutan gambar- gambar para pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi dinding.
Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958). Lukisan Jepang kuno
memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, dengan menggelarkan gulungan
lukisan, dibuat pada masa Heian(794-1192) (ensiklopedi Americana volume 19,
1976). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di
Eropa, berupa lembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar,
yang kedua sisi kiri kanannya diikat seutas tali, bila dipilin dengan tangan
akan memberikan santir gambar burung itu bergerak (Laybourne 1978).
Perkembangan
Animasi di Indonesia berjalan lambat, karena sulitnya ruang lingkup promosi
bagi para animator Indonesia. Alasan lain adalah kurangnya pendidikan formal
animasi yang dapat mendukung peran mereka sebagai animator. Namun disamping itu
semua di Indonesia patut berbangga karena wayang kulit merupakan salah satu
bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer
ditemukan pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti
layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
Pengertian
Grafis
Pengertian
grafis adalah bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan
kombinasi koordinat titik-titik dan garis sebagai media untuk menyampaikan
informasi secara efektif. Umumnya orang menyebut istilah grafis dengan gambar.
Grafis atau gambar dapat menjadi fungsional dan sebagai seni artistik dengan
menginformasikan, menggambarkan keadaan atau kepentingan tertentu melalui
rancangan, proses dan hasil produksi yang dikenal dengan istilah desain grafis.
Dengan
demikian pengertian desain grafis adalah suatu kegiatan perencanaan dan
memproyeksikan gagasan maupun pengalaman dengan mewujudkan ke dalam sebuah
konten visual dan tekstual. Desain grafis juga dikenal sebagai desain
komunikasi. Bentuk komunikasi dapat berupa fisik atau virtual dalam bentuk
gambar, kata, atau grafik. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar
karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.Desain
grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah,
dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis
juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
Batas
dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain
grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang. Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam
disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form),
tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain
visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme
(rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan
(unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Pada
pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah
aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada
manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah
merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan
perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan
seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari
media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
5
aplikasi/software desain animasi
1.
Pencil
2.
Creatoon
3.
Stykz
4.
Blender
5.
Aurora 3D animation Maker
Tidak ada komentar:
Posting Komentar